Rabu, 13 Maret 2013

Jawaban Dari Tugas praktikum


A.    Membuat resume dari pertanyaan-pertanyaan berikut :


1.      Jelaskan fungsi dari bagian workspace berikut beserta fungsinya



Stage  adalah area tempat kerja anda untuk mengoperasikan atau menjalankan objek-objek yang akan kita beri animasi.Didalam stage kita dapat memberikan sebuah gambar ataupun teks serta memberi berbagai variasi gambar.
Timeline/garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau mengontrol jalannya animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi. Semakin panjang frame dalam layer, maka semakin lama animasi akan berjalan.Action dan propertiesPemberian action merupakan lagkah terakhir dalam pembuatan interaksi antarobjekAction dibagi menjadi dua antara lain:
a) Action Frame: adalah action yang diberikan pada keyframe. Sebuah keyframe akan ditandai dengan huruf a bila pada keyframe tersebut terdapat sebuah action.
b) Action Objek: adalah action yang diberikan pada sebuah objek, baik berupa tombol maupun movie clip.Properties adalah Tempat pengaturan / penyesuain dari suatu objek.


2.    Jelaskan istilah berikut :



Single keyframe adalah adalah simbol unik yang belum berisi objek dan frame merupakan kumpulan gambar yang dimainkan secara berurutan dengan kecepatan tertentu sehingga gambar terkesan bergerak Motion tweened frame tidak hanya berguna untuk menggerakkan groups, simbol, atau teks yang dapat diedit dari satu tempat ke tempat lain. Motion tween menolong Anda untuk merubah ukuran, memutar, merubah warna dan transparansi simbolShape tweened frame berguna untuk mengubah bentuk. Flash hanya dapat mengubah bentuk,jadi jangan mencoba untuk melakukan Shape tween untuk group, symbol, atau teks. Labeled frame berguna untuk memberi label pada objek.


3.      Sebutkan Jelaskan isi dari tiap bagian Tools Panel beserta fungsinya:


Tools Area
Tools Area adalah sekumpulan  alat yang mempunyai fungsi-fungsi tersendiri untuk keperluan desain). Berikut penjelasan setiap tool yang terdapat pada Toolbox .
1. Arrow Tool, Arrow Tool atau sering disebut selection tool berfungsi untuk memilih atau menyeleksi suatu objek.
2. Subselection Tool, berfungsi menyeleksi bagian objek lebih detail dari pada selection tool.
3. Free Transform Tool, berfungsi untuk mentransformasi objek yang terseleksi.
4. Lasso Tool, berfungsi untuk memotong gambar secara manual.
5. Pen Tool digunakan untuk menggambar garis dengan bantuan titik-titik bantu seperti dalam pembuatan garis, kurva atau gambar.
6. Text Tool digunakan untuk membuat objek teks
7. Line Tool digunakan untuk membuat atau menggambar garis.
8. Oval Tool digunakan untuk menggambar bentuk lingkaran atau elips.
9. Pencil Tool digunakan untuk membuat garis.
10. Brush Tool digunakan untuk menggambar bentuk garis-garis dan bentuk-bentuk bebas.
11. Ink Bottle tool digunakan untuk mengisi/mengganti Stroke(garis luar) suatu objek.
12. Paintbucket Tool digunakan untuk mengisi area-area kosong atau digunakan untuk mengubah warna area sebuah objek yang telah diwarnai.
13. Eye Dropper Tool digunakan untuk mengambil sampel warna.
14. Eraser Tool digunakan untuk menghapus objek.
15. Hand Tool digunakan untuk menggeser tampilan stage tanpa mengubah pembesaran.
16. Zoom Tool digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan stage.
17. Stroke Color digunakan untuk memilih atau memberi warna pada suatu garis.
18. Fill Color digunakan untuk memilih atau memberi warna pada suatu objek.
19. Swap Color digunakan untuk menukar warna fill dan stroke atau sebaliknya dari suatu gambar atau objek.
· View Area berisi fungsi-fungsi untuk menampilkan gambar.
1.     Zoom Tool untuk memperbesar dan memperkecil gambar.
2.     Hand Tool untuk menggeser gambar.

 Colors Area berisi fungsi-fungsi untuk mewarnai.
1.     Stroke Color untuk menentukan warna outline pada gambar.
2.     Fill Color untuk mewarnai gambar.
·        Option Area berisi pilihan lain untuk membuat variasi pada fungsi-fungsi tools dan view.
Bagiannya : Arrow , line , pen , oval , pencil , ink bottle , eyedropper, hand , subselection , lasso , text , rectangle , brush , paint bucket , eraser , zoom , stroke color , full color.

4.      Perbedaan Static Teks, Dinamic Teks dan Input Teks?


Perbedaan Static Teks untuk judul, label, atau konten lain yang muncul dalam dokumen , Dinamic Teks
dapat menampilkan teks dari sumber eksternal saat runtime  dan Input Teks dipakai agaruser dapat
berinteraksi dengan aplikasi Flash


5.       Apa itu Breaking Teks Apart? Apakah fungsinya? Dan bagaimana cara membuatnya?


pisahkan masing – masing karakter huruf dengan menggunakan break apart yang dapat dilakukan dengan mengklik menu modify Æ break apart atau dengan mengklik tombol Ctrl+B secara bersamaan.
 
6.      Apa itu Linking Teks ? Bagaimana Membuat Linking Teks ke sebuah URL?


Linking Teks adalah teks yang kalau di klik bisa menyambungkan kita ke internet
Cara  Membuat Linking Teks ke sebuah URL:
Buka aplikasi flash, kemudian di menu create new klik flash dokumen.Selanjutnya di menu propertis ubah ukuran stage, misalkan size : 200x80 pixels dan background: biru (#000066) .Buat teks karya-isa blogspot.com dengan font : Century Schoolbook, size : 20, warna : kuning Aktifkan selection tool lalu pilih objek teks.Pada property inspector di bagian URL Link ketik alamat URL misalkan http//bungapujawari86.blogspot.com Jika sudah selesai simpan dengan nama teks-URL, di tempat yang mudah di temukan.Klik menu fille>publish setings untuk membuka kotak dialog publish setings.Pilih tab flash lalu dibagian local playback security pilih acces network only, selanjutnya klik tombol publish, jika sudah selesai klik tombol ok seperti gambar di bawah ini :Jika semuanya sudah selesai untuk melihat hasilnya tekan Ctrl+enter (di sarankan harus tersambung internet).

7.Jelaskan perbedaan Bitmap dan Vektor?
Perbedaan Grafis Vektor dan Grafis Bitmap
Vektor
1. Gambar tetap jelas ketika di perbesar
2. Ukuran File yang dihasilkan kecil
3. Tersusun oleh garis dan kurva
4. Kualitas grafis tidak bergantung dari banyaknya pixel
Bitmap
1. Gambar kurang jelas ketika di perbesar
2. Ukuran File yang dihasilkan besar
3. Tersusun atas titik-titik/dot
4. Kualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel


8.      Jelaskan perbedaan Motion Tween dan Shape Tween?


Motion tween adalah pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan akhir. sebagai contoh anda ingin menggerakan suatu bola dari kiri ke kanan, dengan adanya motion tween kita bisa menggunakan sedikit objek tanpa harus membuat banyak objek, untuk contoh animasi Tween bisa anda lihat gambar dibawah ini.

Shape tween adalah perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain. untuk Shape Tween objek yang dianimasikan harus berjenis Shape, untuk ukuran file yang dihasilkan Shape Tween lebih besar dibandingkan motion Tween.

9.      Jelaskan Fungsi tipe simbol berikut:


Tipe Simbol Graphic adalah objek yang digunakan untuk objek yang tidak beranimasi misalnya untuk background.
Tipe symbol Movie Clip adalah symbol yang biasa digunakan untuk objek animasi. 
Tipe Simbol Button adalah symbol untuk membuat tombol yang bersifat diam.

10.      Jelaskan format Publising Flash Movie berikut
      
       Flash *.swf file ini dapat dijalankan jika dalam computer terdapat Flash Player.
·     Html *.html file ini dapat dijalankan pada browser Internet Explorer.
Windows Projektor *.exe file ini dapat dijalankan walaupun dalam computer tidak terdapat  Flash Player.


Referensi:

http://haryshare.wordpress.com/2011/12/02/dasar-adobe-flash-cs3/

http://www.topazart.info/teks_teachingmat/flash/tutorialBahanAjarMultimedia.pdf

http://flash-creations.com/notes/animate_keyframes.php

http://en.wikipedia.org/wiki/Key_frame
http://zakki.dosen.narotama.ac.id
http://maseadi.wordpress.com
http://sopiyan-29november.blogspot.com/2011/04/mengenal-adobe-flash-cs3.html

2 komentar: